Cloud Web Gateway - Simda Online

Foto untuk : Cloud Web Gateway - Simda Online

Sesuai dengan visi BPKP sebagai Auditor Presiden yang responsif, interaktif dan terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan negara yang berkualitas dalam mentransformasikan manajemen pemerintahan menuju pemerintahan yang baik dan bersih serta sesuai amanat PP 60 tahun 2008 pasal 59 ayat (2) dan Inpres Nomor 4 Tahun 2011, BPKP, Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, memandang perlu untuk memfasilitasi Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola keuangan daerah sesuai dengan peraturan yang berlaku, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan auditabel. Hal ini penting guna  meningkatkan kualitas Laporan Keuangan pemerintah daerah menuju terwujudnya good governance.

Untuk mendukung tujuan tersebut, sejak tahun 2003, Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah membentuk Satuan Tugas Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Daerah  (SIMDA) dalam membangun suatu Aplikasi SIMDA yang berbasis desktop, yang hingga saat ini digunakan Pemda Kabupaten/kota. Yang menjadi permasalahan adalah belum bisa onlinenya aplikasi tersebut dikarenakan terbatasnya infrastruktur, sehingga input data selalu dilakukan secara terpusat dilokasi server berada.

Perlunya dipikirkan bagaimana mengefisiensikan Perangkat aparatur Pemkot/Pemkab dalam mengakses server secara efisien,  real time dan mampu diakses secara online. Untuk itu diperlukan suatu alternatif sistem dalam penggunaan jaringan berbasis online.

Penggunaan jaringan berbasis online yang dimaksudkan adalah suatu jaringan yang  berfungsi sebagai gateway dengan menjadikan  “Server Localhost” yang lokasinya di daerah sebagai Cloud System tanpa dipindahkan posisinya ke data center jakarta.

Server Simda sebagai Localhost sebagai Cloud server yang lokasinya berada di daerah terhubung menggunakan Virtual Network Private milik di jaringan data center di jakarta ini disebut juga Cloud Web Gateway sehingga memungkinkan unit kerja dapat diakses secara online.

 


Manfaat :

  • Kegiatan input data secara real time dilakukan layaknya seperti browsing internet umumnya.
  • Meningkatnya efisiensi biaya perjalanan dinas, karena sistem input data bisa dilakukan dimanapun secara online.
  • Mengefisienkan pekerjaan operator dikantor pusat Data, Kegiatan Operator input data dapat dihilangkan, Sebab input data sudah menjadi kewajiban masing-masing User/SKPD.
  • Tidak lagi adanya ketergantungan input data terhadap operator-operator di kantor Daerah.
  • Mengurangi beban Operator Server Simda.
  • Efektifitas & Efisiensi pada Topologi Jaringan, pembiayaan, SDM, dll.
  • Penggunaan jaringan secara Online Melahirkan  Sumber Daya Manusia di daerah yang menguasai penggunaan teknologi informasi yang siap bekerja di era Globalisasi dan Era Digital.
  • Lahirnya peningkatan produktivitas & akuntabilitas yang tinggi.

 

 

Target / Sasaran

  • Setiap SKPD dapat melakukan input data secara online & mandiri dilokasi masing-masing.
  • Penggunaan Online melahirkan Efisiensi yang tinggi untuk setiap SKPD.
  • Mengurangi beban mental/fisik  Operator Server Badan Keuangan, adanya pembagian beban kerja kepada penguasa anggaran atau SKPD bersangkutan.
  • Menjangkau akses sampai ke polosok desa-desa terpencil dengan
  • Simda Online dapat di operasikan menggunakan jaringan existing operator GSM.
  • Menjadikan SDM Pemkab/Pemkot terbiasa dalam pemanfaatan teknologi.
  • Percepatan pembuatan laporan keuangan dengan efektivitas yang tinggi.
  • Memudahkan pekerjaan administrator Server Simda.
  • Dapat diakses menggunakan Gadget Smartphone.

 

 

Demikian proposal ini kami ajukan untuk memenuhi maksud dan tujuan, sasaran dan hasil yang diharapkan dalam pengembangan Sistem Informasi Management Daerah ( SIMDA ). Dengan Proposal kami ini, memberikan wacana ataupun wawasan mengenai Layanan  “Teknologi Jaringan Cloud Web Gateway Simda Online”, yang bisa menjawab kebutuhan pemerintah daerah dalam mengelola server-servernya dengan cara yang lebih efisien sehingga dengan solusi ini diharapkan peningkatan kinerja dan efektivitas instansi terkait dapat tercapai dengan baik.

Dengan tangan terbuka kami menawarkan untuk bermitra dengan pihak Pemkot/Pemkab dalam menggunakan infrstruktur dan SDM yang kami miliki sehingga  instansi tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan proses pengadaan, instalasi, pemeliharaan, maintenance dan integrasi infrastruktur berbasis hardware lainnya.

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan dukungan bagi perkembangan layanan Jaringan Cloud Web Gateway secara  Online di Indonesia.

 

 

Regards

Konsultasi melalui messenger Whatsapp

 

Cloud Web Gateway Simda Online
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri