Pemkab Maluku Tengah Mempersiapkan Penerapan Simda Perencanaan Online

Foto untuk : Pemkab Maluku Tengah Mempersiapkan Penerapan Simda Perencanaan Online

Deputi BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmasto, mengungkapkan SIMDA Perencanaan diciptakan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah, untuk menerapkan sistem perencanaan pembangunan daerah secara transparan dan obyektif kepada publik agar terwujud tata kelola pemerintahan yang baik. Dan lebih lanjut menyatakan bahwa pengembangan SIMDA Perencanaan merupakan bagian dari upaya BPKP untuk melakukan Pengawalan peningkatan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dengan fokus pada peningkatan Governance System melalui pengembangan program aplikasi SIMDA berbasis teknologi informasi.

 

Penerapan E-Planning diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan dan nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan di daerah akibat keterbatasan informasi. Ketersediaan informasi di dalam E-Planning serta dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan daerah, serta perlu adanya komitmen bersama dan bagaimana di dalam penerapan E-Planning kedepannya, demi terwujudnya sistem pemerintahan yang transparan, partisipasif, responsif, efesien dan akuntabel.

Deputi menandaskan pentingnya Penerapan E-Planing meningat mengingat terjadinya persoalan di dalam pengelolaan APBD, dan juga Kemendagri menginisiasi persoalan tersebut dan bersama-sama dengan BPK dan KPK. Kebijakan E-Planning atau yang dikenal dengan sistem informasi pembangunan daerah selama ini terbagi-bagi, dan memiliki databasenya masing-masing, seperti adanya E-Planning, E-Budgeting dan E-Monev, kedepannya diharapkan dapat diintegrasikan kedalam satu system.

Dengan alasan hal tersebut diatas, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, telah melaksanakan training penerapan Simda Perencanaan yang di bimbing secara teknis oleh Tim BPKP Pusat. Dan untuk mempercepat diterapkannya simda perencanaan sehingga diperlukan untuk dilakukannya penerapan secara online sistem, hal ini dilakukan untuk memudahkan SKPD dalam menginput data dimanapun berada secara online.

Bersama vendor penyelengara jaringan online sistem yaitu Perusahaan "Esya Raya Abadi" sebagai Netwpork Integrator bersama Pemkab Maluku tengah telah melakukan uji coba simda perencanaan secara online. sehingga dalam waktu dekat Pemkab akan menerapkan simda perencanaan secara online.

baca "manfaat penggunaan simda online" Klik

 

Cloud Web Gateway Simda Online
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri